Menu

Suatu Hari dalam Kehidupan Seorang Copywriter Freelance

Suatu Hari dalam Kehidupan Seorang Copywriter Freelance

 


Pernahkah Anda menginginkan pekerjaan di mana Anda dapat menghabiskan sepanjang hari dan setiap hari menulis prosa yang cerdas dan menginspirasi? Ya? Nah, jangan menjadi copywriter lepas! Jangan salah paham, ini kerja bagus, dan bagi sebagian dari kita, ini undangan yang tidak bisa disangkal. Anda pasti bisa menulis prosa yang cerdas dan menginspirasi. Yang perlu dilakukan hanyalah Anda tidak melakukannya sepanjang hari, setiap hari. Faktanya, ketika Anda duduk di penghujung hari dan memikirkan tentang apa yang telah Anda capai, persentase waktu yang Anda habiskan untuk menulis ternyata sangat rendah. Jadi apa yang dilakukan copywriter lepas selain menulis salinan?

Pada dasarnya, mereka menjalankan perusahaan. Artikel ini membahas 11 ritual harian terkait pengelolaan scripting website freelance atau bisnis copywriting (selain menulis). Ini juga memberikan beberapa tips untuk melakukannya dengan sukses.

1) Mengutip

Copywriter independen melayani banyak profesor. Mereka umumnya memiliki sedikit klien, dan menghabiskan banyak waktu untuk menawar pekerjaan baru. Saat Anda mengirimkan penawaran, Anda menghitung berapa yang harus dibayar untuk pekerjaan itu. Untuk copywriter lepas, ada sejumlah faktor penting yang memengaruhi kutipan. Anda harus punya cara untuk memperkirakan waktu secara akurat. Secara umum, cara terbaik untuk mencapai ini adalah rajin mengecek pekerjaan Anda. Jika Anda tahu berapa lama pekerjaan yang lalu berlangsung, Anda akan lebih percaya diri dan akurat dalam memperkirakan. Anda perlu tahu berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk tidak menulis (karena Anda harus mencoba untuk menutupi sebanyak mungkin). Anda harus merasakan apa yang bersedia dibayar pelanggan (apakah itu perusahaan besar atau kecil, seberapa pun besar tampaknya menghargai salinan, dll.). Anda harus tahu berapa banyak pesaing Anda mengenakan biaya yang sama. Anda harus memahami apa yang membedakan Anda dari pesaing Anda. Anda harus memikirkan seberapa besar Anda menginginkan atau membutuhkan pekerjaan itu. Dan tentu saja, Anda perlu memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan pelanggan.

2) Buat Penawaran

Kutipan tidak sama dengan sugesti. Kutipan biasanya disertakan dalam proposal, tetapi itu bukanlah hal yang sama. Saat mengirimkan proposal copywriting Anda, Anda memasarkan keterampilan, solusi, etika bisnis, layanan pelanggan, komitmen, dan pengalaman Anda. Pada dasarnya, Anda membenarkan harga dan membedakan diri Anda dari pesaing. Dan ini bukan hanya tentang apa yang Anda katakan. Ini juga cara Anda mengatakannya dan cara Anda menyajikannya. Segala sesuatu tentang saran Anda berperan dalam keputusan pelanggan! Jika memungkinkan, sertakan informasi tambahan yang berguna. Gunakan halaman judul, daftar isi, header, dan footer. Perkenalkan di awal dan rangkum di bagian akhir. Cantumkan harga Anda, tetapi sebut itu sebagai "investasi" daripada "biaya". Tunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda memikirkan pekerjaan mereka dengan meringkas kebutuhan mereka. Pilih solusi yang Anda sarankan. Yang paling penting, berikan klien ajakan bertindak yang jelas ("Dari mana dari sini?").

3) Mengejar Ulasan

Seorang copywriter freelance hampir tidak pernah menjadi suatu hambatan dalam pekerjaan copywriting. Di 99,99% pekerjaan copywriting, rintangannya adalah proses review. Sebagian besar pelanggan membutuhkan waktu lama untuk meninjau. Faktanya, sekitar sepertiga pelanggan perlu diminta setidaknya sekali sebelum mereka kembali kepada Anda dengan perubahan mereka. Tidak jarang pekerjaan mengetik sehari membutuhkan waktu sebulan penuh untuk mencapai pembayaran - atau lebih. Beberapa klien akan meletakkan salinan ulasan di latar belakang selama berbulan-bulan (hanya alasan lain untuk meminta setoran sebelum mulai bekerja)! Akibatnya, penulis lepas dan penulis situs web menghabiskan banyak waktu untuk mengejar ulasan. Pastikan Anda memperhitungkan penundaan dan mengejar waktu menjadi kutipan sebaik mungkin. Dan selalu catat klien yang paling lama, jadi Anda siap saat mendiskusikan tenggat pekerjaan berikutnya.

4) Penjadwalan dan Pelacakan Proyek

Terlepas dari apakah Anda mengerjakan proyek besar atau kecil, penjadwalan dan pelacakan proyek sangat penting. Anda perlu mengetahui keadaan pasti dari semua pekerjaan yang sedang berlangsung (pelacakan), dan Anda juga perlu sepenuhnya menyadari apa yang akan terjadi dan bagaimana Anda akan mengelolanya (perencanaan). Jika Anda melakukannya dengan benar, Anda harus menggunakan alat pelacakan dan perencanaan beberapa kali sehari. Faktanya, mereka harus menjadi fokus bisnis Anda. Tips: Cara yang baik untuk melacak proyek copywriting adalah dengan menggunakan database pelacakan pekerjaan (dan kontak). Saya membuat database saya menggunakan Microsoft Access. Kunjungi http://www.divinewrite.com/downloads/contacts and jobs.mdb untuk mengunduh copy pekerjaan 208 KB secara gratis. Anda memerlukan Microsoft Access 2000 untuk menjalankannya. Saya bukan ahli database jadi ini bukan karya seni. Anda pasti akan memulai. (Tips: Saat menggunakan database, tekan Ctrl + untuk memasukkan tanggal hari ini.)

5) Akuntansi

Menerbitkan faktur, memproses pembayaran (dan pembayaran parsial), melacak tagihan yang belum dibayar, mencatat pengeluaran, mengelola rekening bank, menyisihkan pajak, semua ini membutuhkan banyak waktu. Jangan tertipu dengan berpikir bahwa Anda dapat memanipulasi perhitungan Anda secara manual (atau dengan Microsoft Excel). Bahkan jika Anda memiliki beberapa klien, Anda memerlukan paket akun yang sesuai seperti MYOB atau Quicken (keduanya menawarkan versi bisnis kecil). Anda akan mengerti mengapa pertama kali Anda menyiapkan GST tahunan atau laporan pajak tahunan. Faktanya, Anda akan mengerti mengapa kapan pun Anda perlu mengejar tagihan yang tertunda.

6) Mengunjungi Klien

Meskipun keajaiban email modern memungkinkan copywriter freelance melakukan sekitar 95% pekerjaan mereka tanpa meninggalkan kantor, terkadang tetap merupakan ide yang baik untuk melakukan sesuatu dengan cara "kuno" - terutama jika Anda berharap untuk bekerja dengan mereka cukup lama . Jabat tangan dan beri nama kartu nama di hadapan mereka. Dan ingat, segala sesuatu tentang pertemuan tersebut mencerminkan Anda dan bisnis Anda. Mengenai saran Anda, pikirkan tentang apa yang dikatakan, bagaimana Anda mengatakannya, dan bagaimana Anda menyajikannya. Selalu atur rapat dengan banyak notifikasi, konfirmasi sehari sebelum rapat, tepat waktu, rangkum rapat, dan berikan ajakan bertindak. (Cobalah dua yang terakhir ini di akhir rapat dan melalui email setelah rapat.)

7) Admin Kantor

Bahkan untuk bisnis berbiaya rendah seperti copywriting, selalu ada sesuatu! Ubah paket telepon, perbarui / perbaiki komputer, layanan internet Anda tidak aktif, situs web Anda untuk sementara tidak tersedia, Anda meningkatkan prosedur penyimpanan data, Anda memerlukan printer baru atau kartrid tinta faks ... Manajemen kantor menghabiskan sebagian besar hari Anda secara mengejutkan . Pastikan Anda mengizinkannya. Ini berarti memiliki waktu untuk melakukan pekerjaan, dan menghitung waktu itu dalam tawaran Anda. Jika tidak, Anda akan terus berlari hingga dini hari dan / atau kehilangan uang.

8) Strategi Pemasaran

Bagaimana Anda menghasilkan bisnis? Panggilan keren? (Lihat http://www.divinewrite.com/coldcallingcopywriter.htm.) Situs web? (Lihat http://www.divinewrite.com/articles.htm untuk beberapa situs web dan artikel SEO). Kata yang positif? Ulangi aksi? Agensi? (Juga lihat http://www.divinewrite.com/freelancecopywriting.htm untuk beberapa nasihat tentang sukses sebagai copywriter freelance.) Terlepas dari strategi Anda, Anda perlu memberikan waktu yang sesuai. Sebaiknya luangkan waktu sekitar satu jam sehari untuk memikirkan dan menerapkan strategi pemasaran.

9) Riset Industri

Tetap up-to-date dengan penelitian industri hak cipta terbaru. Baca penelitian tentang kemudahan penggunaan, keterbacaan, dan pemindaian (kunjungi http://www.useit.com atau http://www.goodexperience.com dan berlangganan buletin mereka). Baca tentang pengoptimalan mesin telusur (lihat http://www.divinewrite.com/SEOCEO.htm atau coba berlangganan buletin dari http://www.webpronews.com atau http://www.site-reference.com). Cobalah untuk melacak bagaimana bahasa sehari-hari berubah (kata kunci apa yang digunakan, kata kunci apa yang harus dihindari, aturan apa yang diabaikan dalam bahasa Inggris lisan, suara apa yang memberi kesan positif pada orang, dll.). Pelajari perbedaan antara menulis untuk web versus menulis untuk pencetakan versus menulis untuk mesin pencari (lihat http://www.divinewrite.com/articles.htm untuk beberapa artikel terkait). Jika ingin menggaruk permukaannya, luangkan 10 menit setiap hari.

10) Topik Penelitian

Baik itu menulis skrip situs web atau menulis iklan, untuk melakukannya dengan baik, Anda perlu tahu banyak tentang materi topik Anda. Ini berarti pengetahuan khusus tentang produk atau layanan pelanggan serta pengetahuan 'domain' umum. Klien cenderung tidak memberikan informasi yang cukup. Pastikan untuk mewawancarai mereka secara menyeluruh. Kemudian beri tahu mereka bahwa Anda mungkin perlu mengajukan lebih banyak pertanyaan. Meski begitu, Anda mungkin menemukan diri Anda melakukan penelitian independen. Internet adalah penyelamat Anda, tetapi selalu jalankan informasi apa pun oleh pelanggan Anda sebelum memposting. Saat Anda menawar untuk suatu pekerjaan, cobalah untuk mencari tahu seberapa banyak detail yang dapat diberikan klien. Anda bahkan dapat meminta mereka untuk memperkirakan berapa banyak yang akan mereka sediakan (yaitu semua, sebagian besar, beberapa, atau tidak sama sekali). Ini adalah pendekatan yang baik karena membuat mereka mempertimbangkan kebutuhan Anda sementara pada saat yang sama memberi Anda gambaran tentang berapa banyak waktu yang akan Anda habiskan untuk meneliti.

11) Perencanaan

Dalam aspek penting, menulis skrip situs web dan copywriting tidak berbeda dengan bentuk penulisan lainnya; Perencanaan sangat penting. Untuk informasi lebih spesifik tentang perencanaan, lihat http://www.divinewrite.com/benefits.htm dan http://www.divinewrite.com/webbenefitwriting.htm.

Semoga bermanfaat dan selamat menulis! Terimakasih.

Ads middle content1

Ads middle content2