Menu

22 Pertanyaan Sebelum Anda Menulis

22 Pertanyaan Sebelum Anda Menulis


Untuk menulis salinan yang berhasil, Anda perlu mengetahuinya sebanyak mungkin. Ini lebih dari sekadar membaca materi dasar, meninjau bagian pemasaran lama, dan melakukan beberapa penelitian singkat di web.

Anda Harus Memahami Pikiran Orang.

Mulailah dengan pelanggan Anda. Mereka tahu bisnis mereka dan klien mereka lebih baik daripada Anda. (Jika tidak, mereka harus melakukannya. Anda dapat membantu mereka mengetahui lebih lanjut.)

Bagaimana? Gunakan Ringkasan Pemasaran/Kreasi untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan copywriting (dan pemasaran). (Ringkasan Pemasaran / Kreativitas adalah alat yang digunakan oleh biro iklan, pemasaran perusahaan, dan departemen kreatif.)

Berikut ini Ringkasan Pemasaran/Kreasi yang diadaptasi dari yang saya gunakan selama masa jabatan saya di biro iklan di Seattle. Meskipun sekarang saya bekerja sendiri, saya masih menggunakannya sampai sekarang.

(Mulai formulir)

Ringkasan Pemasaran / Kreativitas

(Catatan: dirancang untuk B2B; sebagian besar ringkasan ini juga berlaku untuk B2C.)

Masukan yang baik adalah kunci sukses proyek, kampanye atau program pemasaran. Ringkasan Pemasaran/Kreatif ini dirancang sebagai masukan yang baik. Tapi itu memang membutuhkan jawaban yang komprehensif dan bijaksana di pihak Anda. Harap jawab pertanyaan berikut dengan hati-hati.

1. Apa deskripsi dari karya tersebut? (Iklan, situs web, brosur, teks siaran, surat langsung, dll.)

2. Apa fokus pemasarannya? (Produk atau layanan apa yang sedang kita bicarakan?)

3. Apa masalah komunikasi yang harus diselesaikan oleh segmen tersebut? (Kesadaran, positioning atau reposisi, pengenalan produk, pengenalan kategori, dll.)

4. Siapakah audiensnya? (Demografi, jabatan, posisi, tanggung jawab, dll.)

5. Apa pandangan mereka tentang produk, layanan, atau kategori?

6. Siapakah audiens sekunder, jika ada?

7. Masalah atau masalah bisnis apa yang dipecahkan oleh produk / layanan (layanan) untuk publik (audiens)? (Masalah efisiensi, masalah profitabilitas, masalah operasi, masalah teknologi, dll.)

8. Apa dampak yang kita inginkan dari klip tersebut terhadap audiens target? (Membeli, menelepon, mengunjungi situs web, meminta informasi lebih lanjut, meningkatkan kesadaran, dll.)

9. Apa yang dapat kita lakukan untuk mencapai tanggapan yang diinginkan? (Demo, evaluasi situasi, jaminan penjualan, kunjungan pribadi, dokumen teknis, dll.)

10. Apa satu pesan utama yang harus kita komunikasikan kepada audiens target untuk mencapai dampak yang diinginkan? (Buat sesingkat mungkin.)

11. Bukti apa yang ada untuk mendukung klaim kami? (Fitur dan manfaat, testimonial, studi kasus, dll.)

12. Adakah yang bisa membuat janji serupa?

13. Apakah ada masalah teknis yang perlu ditangani? (Kompatibilitas, sistem operasi, persyaratan perangkat keras, dll.)

14. Apa masalah industri spesifik yang perlu ditangani? (Petunjuk Arah, dll.)

15. Apakah ada masalah industri, produk, atau persaingan yang harus saya hindari?

16. Nada apa yang harus digunakan karya tersebut? (Kekejaman / serius, mendidik / informasional, selera humor, dll.)

17. Apa yang Anda sukai dari karya Anda saat ini? (Tampilan dan nuansa, nada, pesan, fungsi, dll.)

18. Apa yang tidak Anda sukai dari karya Anda saat ini? (Tampilan dan nuansa, nada, pesan, fungsi, dll.)

19. Kesan umum apa (tampilan dan nuansa, dll.) Yang Anda inginkan dari karya tersebut?

20. Apakah bagian ini akan digunakan dengan bagian lain? (Proposal, jaminan, surat, dll.)

21. Bagaimana barang akan digunakan (online, ditinggalkan, pameran dagang, dikirim, dll.) Dan pada tahap siklus penjualan apa?

22. Ada komentar lain?

(Akhir formulir)

Memang, membujuk klien untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini tidak selalu mudah.

Inilah mengapa yang terbaik adalah bersikap fleksibel dengan Ringkasan Pemasaran/Kreatif. Anda bisa meminta pelanggan untuk mengisinya. Anda dapat menggunakannya untuk bertemu klien. Anda dapat mengisinya sendiri untuk ditinjau pelanggan. Segala jenis pendekatan kolaboratif bekerja dengan baik.

Terakhir, tekankan kepada pelanggan Anda bahwa jika mereka menginginkan lebih banyak klik, lebih banyak prospek, dan lebih banyak penjualan, mereka harus terlibat secara aktif dalam proses entri. Jika Anda memiliki semua informasi yang Anda butuhkan, maka Anda siap untuk menjadi pemenang. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.

Ads middle content1

Ads middle content2