Menu

10 Tips Untuk Calon Copywriter Lepas

10 Tips Untuk Calon Copywriter Lepas


Setiap minggu saya menerima dua email dari orang-orang yang meminta nasihat tentang bagaimana bekerja dalam bisnis copywriting. Meskipun tidak ada jawaban yang sederhana, dan tidak ada jawaban yang berlaku untuk semua orang, ada beberapa tips yang menurut saya akan membantu kebanyakan orang beralih ke penulisan teks lepas, dan bertahan setidaknya beberapa bulan pertama.

1) Investasikan di Situs Web

Tempat terbaik untuk memulai copywriter freelance atau copywriter situs web adalah dengan memeriksa situs web. Situs web ini sangat berharga karena ketika Anda melakukan panggilan yang tidak diinginkan dan mengirim email kepada calon pelanggan, Anda perlu mengarahkan mereka ke suatu tempat yang memberi mereka lebih banyak informasi. Jaga agar situs web Anda tetap sederhana, sertakan halaman portofolio, tambahkan contoh jenis copywriting apa pun yang Anda lakukan, bicarakan tentang tempat Anda bekerja, klien yang Anda tuju, dan sertakan testimonial yang Anda terima. Pastikan untuk menyertakan alamat dan detail kontak Anda juga, sehingga orang tidak mengira Anda akan terbang dalam semalam. Tentu saja, tidak ada salahnya untuk menyertakan gambar juga. Jika Anda tidak bisa mengatakan banyak tentang pengalaman Anda, jangan banyak bicara. Tidak masalah jika Anda tidak mengatakan apa-apa. Ingat, seperti bentuk copywriting lainnya, menulis tentang diri Anda sendiri membutuhkan seni yang presisi. Jika Anda tidak berpengalaman, tetapi yakin dengan kemampuan Anda untuk melakukan pekerjaan itu, Anda bisa sangat pandai tentang apa yang tidak boleh dikatakan, dan kebanyakan orang akan membacanya seperti yang Anda inginkan.

2) Jangan Menargetkan Lembaga

Jika Anda sebelumnya tidak pernah bekerja sebagai copywriter atau copywriter untuk situs web, jangan menargetkan biro iklan dan biro desain web. Mereka tahu persis apa yang mereka cari, jadi jika Anda tidak memiliki dompet, Anda tidak memiliki kesempatan. Mengelola copywriter dan kontrol kualitas yang tidak berpengalaman memakan waktu dan berisiko. Kebanyakan agensi terlalu sibuk untuk memberikan waktu istirahat bagi copywriter yang belum dikonfirmasi, bahkan jika Anda siap untuk melakukan pekerjaan sesuai spesifikasi. Targetkan pelanggan akhir Anda secara langsung.

3) Melakukan Panggilan

Salah satu cara terbaik untuk menghasilkan bisnis pada awalnya adalah menghubungi calon pelanggan akhir. Ini sangat memakan waktu dan kerja keras, tetapi Anda dapat menghasilkan beberapa prospek yang sangat berkualitas. Untuk informasi lebih lanjut tentang panggilan tidak langsung, lihat http://www.divinewrite.com/coldcallingcopywriter.htm.

4) Gunakan Database Kontak dan Pekerjaan

Tidak peduli di mana Anda berada dalam karir penulisan iklan profesional Anda, Anda memerlukan database kontak dan pekerjaan. Semacam alat mini CRM (manajemen hubungan pelanggan). Gunakan untuk merekam semuanya! Terutama nama, nomor telepon, dan detail korespondensi apa pun (terutama panggilan telepon). Saya membuat database saya menggunakan Microsoft Access. Kunjungi http://www.divinewrite.com/downloads/contacts and jobs.mdb untuk mengunduh copy pekerjaan 208 KB secara gratis. Anda memerlukan Microsoft Access 2000 untuk menjalankannya. Saya bukan ahli database jadi ini bukan karya seni. Anda pasti akan memulai. (Tips: Saat menggunakan database, tekan Ctrl + untuk memasukkan tanggal hari ini.)

5) Tuliskan Beberapa Contoh

Jika Anda menargetkan klien atau industri tertentu, jangan takut untuk menulis dan mengirimkan beberapa contoh. Anda dapat menawarkan potongan secara gratis (semua orang menyukai sesuatu secara gratis) atau dengan harga diskon, atau Anda dapat menggunakannya sebagai insentif untuk mendaftar kerja di masa depan. Itu semua tergantung pada jenis bisnis dan jenis klien. Hal penting untuk diingat adalah bahwa sampel hampir sama baiknya dengan portofolio untuk sebagian besar klien potensial.

6) Investasikan dalam Satu Bundel Akun

Jangan tertipu dengan berpikir bahwa Anda dapat memanipulasi perhitungan Anda secara manual (atau dengan Microsoft Excel). Bahkan jika Anda memiliki beberapa klien, Anda memerlukan paket akun yang sesuai seperti MYOB atau Quicken (keduanya menawarkan versi bisnis kecil). Anda akan mengerti mengapa pertama kali Anda menyiapkan GST tahunan atau laporan pajak tahunan. Faktanya, Anda akan mengerti mengapa kapan pun Anda perlu mengejar tagihan yang tertunda

7) Menawarkan Layanan Hebat

Ini mungkin terdengar jelas, tetapi penting untuk diingat bahwa "layanan hebat" memiliki arti yang berbeda untuk klien yang berbeda. Sebagian besar waktu Anda akan bekerja dengan klien langsung (seringkali startup) dan agensi. Keduanya menghargai layanan yang hebat, tetapi mendefinisikannya dengan sangat berbeda. Agensi mengandalkan copywriter freelance untuk memenuhi persyaratan yang ketat (menyelesaikan pekerjaan dengan baik, menyelesaikannya tepat waktu, tidak pernah melebihi anggaran). Mereka memiliki klien akhir yang tidak perlu khawatir, jadi keandalan sama pentingnya dengan kualitas tulisan. Di sisi lain, pelanggan akhir membutuhkan copywriter atau copywriter situs web untuk melihat bisnis mereka seperti yang mereka lakukan, dan mereka dapat menyampaikan visibilitas itu. Mereka kemungkinan besar juga membutuhkan banyak bimbingan, terutama jika mereka baru memulai sendiri. Jika Anda bisa, bantu mereka memahami bahwa copywriting bukan hanya tentang memberi tahu orang-orang tentang produk dan layanan yang ditawarkan bisnis; Ini tentang mentransfer manfaat dari produk dan layanan tersebut. Seorang copywriter atau copywriter yang baik akan dapat membantu klien mereka memikirkan manfaat daripada produk dan layanan.

8) Antisipasi Saat-Saat Sulit

Tahun pertama atau kedua bekerja sebagai copywriter freelance atau copywriter situs web akan menjadi tantangan. Butuh beberapa saat untuk menghasilkan momentum dan selama waktu itu, Anda mungkin akan bertanya-tanya apakah Anda telah membuat pilihan karier yang tepat. Meskipun dimungkinkan untuk memenangkan enam angka setiap tahun, Anda harus bersabar (jadi ini tidak ideal untuk orang tua baru, penerima uang tunai, atau siapa pun dengan kewajiban hipotek yang besar)

9) Jangan Menghabiskan Terlalu Banyak Uang Untuk Pelatihan

Menurut pendapat saya yang sederhana, tidak ada uang yang dihabiskan untuk belajar yang sia-sia. Namun, Anda harus mempertimbangkan hal ini. Saya tidak tahu banyak tentang kursus copywriting yang tersedia tetapi jika terlalu mahal, saya akan berpikir dua kali. Dalam pengalaman saya, sebagian besar klien (baik agensi atau klien akhir) menghargai kemampuan copywriting untuk dilatih.

10) Ketahuilah bahwa Anda Bisa melakukan Ini

Keyakinan dalam kemampuan copywriting Anda adalah suatu keharusan. Jika Anda tidak bersikukuh untuk mencapai hasil yang diinginkan pelanggan, Anda tidak akan pernah bisa meyakinkan pelanggan. Ingat, semua orang merasa takut pada awal pekerjaan copywriting baru. Selalu ada kurva pembelajaran yang curam dalam copywriting, dan secara keseluruhan banyak pekerjaan membutuhkan waktu lama. Jangan terjebak untuk berfokus pada apa yang tidak Anda ketahui dan tidak Anda lakukan.

Semoga beruntung dan selamat menulis!

Ads middle content1

Ads middle content2